Sosialisasi dan Verifikasi Peserta sidang Itsbat Nikah Terpadu (10/10/2020)

Ditulis oleh M. Saupil on . Posted in Berita Pengadilan

Ditulis oleh M. Saupil on . Dilihat: 41Posted in Berita Pengadilan

Sosialisasi dan Verifikasi Peserta sidang Itsbat Nikah Terpadu (10/10/2020)

Sosialisasi dan Verifikasi Peserta sidang itsbat nikah terpadu kembali digelar, kali ini kegiatan dilangsungkan di Kantor Kecamatan Muara Komam Sabtu (10/10/2020).

Program itsbat nikah terpadu tersebut merupakan hasil kerjasama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Paser bekerja sama dengan Pengadilan Agama Tanah Grogot dengan kuota sebanyak 50 pasang.

Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot Nanang Moh. Rofi’i S.Ag. turun langsung mengecek proses verifikasi administrasi Pendaftaran Sidang terpadu Isbat Nikah di Kecamatan Muara Komam. Bersama beberapa Pegawai Proses verifikasi tersebut berhasil diselesaikan hingga Petang, ada sekitar 103 Pasang yang harus diperiksa satu persatu yang berasal dari beberapa desa diantaranya Desa Muara Langon Selerong, Uko, Muara Kuaro, Prayon, Payang dan Long Sayo, sehingga diperoleh 63 Pasangan yang memenuhi syarat untuk dilanjutkan dalam tahap pendaftaran perkara Itsbat nikah, selebihnya tidak memenuhi Syarat salah satunya masih berstatus Suami/Istri.

Kuota 50 pasangan biaya ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Paser dan selebihnya ditanggung mandiri.

Dalam prosesnya dimaksudkan untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan wujud Isbat nikah dengan maksud Poligami ataupun maksud terselubung yang lainnya. Tentunya proses verifikasi ini sesuai dengan ketentuan Agama, hukum dan Peraturan perundang-undangan yang berlaku, “Verifikasi dan validasi data sebelum disidangkan penting, karena untuk memudahkan pelaksanaan saat sidang“.

Para peserta diperiksa data serta biodatanya, saksi-saksi secara rinci dan detail untuk bisa lolos sebagai peserta isbat nikah. Peserta yang lolos verifikasi Administrasi akan langsung didaftarkan dan memperoleh nomor register perkara dari Pengadilan Agama Tanah Grogot.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tanah Grogot

Jl. Kesuma Bangsa KM.05

Telp: 0543-22091

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Copyright TIM IT Pengadilan Agama Tanah Grogot @2020